Senin, 17 Agustus 2009

Upacara di Bawah Laut

Banyak cara yang dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan RI tercinta ini. Ada yang melakukan upacara di puncak gunung, istana negara, di tebing terjal, dan lain-lain. Tapi ada satu kegiatan yang membuatku tertarik,yaitu upacara di bawah laut.

Kegiatan upacara di bawh laut ini dilakukan di pantai Malalawa Bunaken,Manado, Sulawesi Utara. Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian dari acara Sail Bunaken 2009 yang memecahkan rekor dunia.

Dalam upacara ini diikuti oleh sekitar 2818 penyelam serta media yang meliput. Tetapi Guiness Book hanya mencatat peserta sebanyak 2465 orang (tentara dan wartawan tidak termasuk). Upacara inipun dilakukan selayaknya upacara di darat. Ada pengibaran bendera, komandan upacara, peserta upacara, pembacaan naskah proklamasi, dan serangkaian tata upacara lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 9an WIB ini sangat amazing!. Walau aku hanya lihat dari televisi,tapi sensasinya kerasa banget. Unik! Keren! Terpesona banget lihat kegiatan tersebut apalagi upacara itu dilakukan di dalam air. Indah banget! Mantap lah! Bangga dan terharu. Orang-orang begitu berantusias menyambut hari kemerdekaan ini.

Bangga saya! Saya yakin hanya Indonesia yang melakukan hal ini. Semoga semangat nasionalisme ini bukan semangat sesaat dan tetap dipertahankan. Semoga juga tahun depan hal ini dapat dilakukan lagi bahkan kalau bisa lebih dari ini. Hehe.

HIDUP INDONESIA! BERSATULAH INDONESIA! MERDEKA! MERDEKA! MERDEKA!!

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar