Selasa, 01 September 2009

Malaysia Terancam Krisis Identitas

Malaysia memang bisa dibilang maju dalam bidang ekonomi, tetapi mereka tidak memiliki kekhasan nasional. Malaysia saat ini didominasi oleh budaya Melayu,Cina, dan India. Budaya Melayunya sendiri berasal dari Siak (Sumatera) dan Bugis (Sulawesi), akibatnya mereka tidak punya kekhasan asli dari negeri mereka yang dapat dibanggakan. Oleh karena itu, meski berhasil dibidang ekonomi tetapi tidak demikian dibidang identitas kebangsaannya.

Walaupun perkembangan ekonomi di negara kita belum secepat Malaysia, tapi dalam hal semangat kebangsaan, negara kita tercinta ini jauh lebih unggul dari Malaysia. Meski negara kita dihadapi oleh berbagai krisis tapi Indonesia tetap kokoh. Dan sebenarnya Indonesia punya peluang yang besar untuk menjadi negara raksasa baru di Asia mengingat wilayahnya yang sangat luas dan penduduknya terbesar ke-4 di dunia.

Karena Malaysia tidak mempunyai identitas budaya itulah yang mungkin mendorong mereka mengklaim budaya kita. Jadi sampai saat ini Malaysia terancam krisis identitas. Pemerintah kita harus bersikap tegas atas hal ini. Dari kejadian ini kita disadarkan agar kita lebih peduli terhadap warisan-warisan budaya kita. Semoga hal klaim mengklaim ini tidak akan terulang lagi. Amin.

(sumber: koran Kedaulatan Rakyat 31 Agustus 2009 dengan pengambilan seperlunya)

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar