Sabtu, 17 April 2010

iseng-iseng

Dulu saya pernah tes kepribadian MBTI yang ada dalam salah satu materi ocb kombis di sebuah kampus. dan hasilnya adalah INFJ, yaitu Introvert, iNtuitive, Feeling, Judging. beberapa waktu yang lalu juga saya pernah iseng-iseng tes MBTI online, hasilnya pun sama INFJ dan merupakan tipe Idealis Penyelaras. Walaupun setelah tes akan muncul kesimpulan tetapi saya belum puas dan akhirnya browsing di internet. Ternyata orang INFJ merupakan populasi terkecil di dunia ini. karakteristik dan pekerjaan yang cocok adalah sebagai berikut.

Seringkali INFJ tampil sebagai personalitas yang tenang dan menarik. Mereka sangat berhati-hati dan selalu penuh pertimbangan juga sangat memperhatikan kebahagiaan dan kepentingan orang lain. Mereka memiliki kelembutan serta keanggunan dan cara berbicara yang halus namun meyakinkan yang kesemuanya membuat INFJ menjadi orang-orang yang spesial bagi mereka yang mengenalnya dengan baik. Mereka memiliki cita rasa seni, kreatif, penuh dengan ide-ide dan berbakat dalam mengartikan simbol yang sering kali timbul didalam kehidupan ini. Mereka juga orang-orang yang kompleks dan 'dalam' (pendiam, misterius) seringkali mereka memiliki sifat-sifat yang membingungkan/sulit dimengerti oleh orang lain maupun mereka sendiri.

INFJ sering memiliki kombinasi yang tidak lazim antara kehangatan dan sulit akrab. Mereka memutuskan/ memilih kapan, dimana serta bagaimana cara mereka bergaul dengan sesamanya. Sebagian INFJ mendemonstrasikan keramahan dan kehangatan mereka melalui note/ catatan, syair, pandangan atau bagaimana cara mereka memberikan hadiah lebih daripada apa isi hadiahnya. Mereka bukan orang-orang yang bisa mengggambarkan emosi lewat sentuhan phisik atau kata-kata verbal. Dalam kesempatan-kesempatan tertentu INFJ mampu dan bersedia untuk tampil lain dari kebiasaan mereka. Mereka dapat menjadi lincah bahkan kadang-kadang konyol. Walau begitu jarang mereka menjadi banyak omong (bawel). Seringkali, orang ENFJ yang bisa membuat INFJ menjadi lebih ramah dan menyenangkan.

Walaupun tidak terlihat secara jelas/nyata, kekuatan INFJ ada pada perhatian mereka terhadap kesempatan-kesempatan dan kemungkinan, hubungan mereka dengan sesamanya, juga arti dari nilai-nilai kehidupan yang dianutnya. Pada saat mereka tengah sendiri mereka menjadi sangat peka terhadap firasat-firasat, tanda-tanda dan bayangan-bayangan. Walaupun hal itu semua sulit dimengerti dan abstrak bagi orang lain, namun menjadi sangat jelas dan nyata bagi mereka. Hal tersebut menjadi pedoman bagi mereka untuk bertindak saat ini dan masa depan terlepas dari apapun pendapat orang lain. Mereka lebih mempercayai firasat mereka sendiri dari pada melihat siapapun.

INFJ mengelola dan mendapatkan intuisi mereka dari semua sudut/bidang kehidupan seolah-olah tidak ada habis-habisnya. Hasilnya, seringkali mereka mampu melihat arti yang tersembunyi dari semua situasi dan apa yang dilakukan manusia sekitarnya. Cara berbahasa/berbicara orang-orang INFJ akan begitu kaya dengan perumpaman-perumpamaan. Kebanyakan dari mereka mengekspresikan bakatnya lewat seni yang kreatif dan yang lainya menjadi penerjemah dari arti sebuah kreasi seni. Tidak sedikit pula yang menyalurkan kelebihan mereka, pengertian terhadap manusia dalam hal ini yaitu dengan menjadi aktivitas-aktivitas yang berjuang untuk kepentingan orang lain.

Sebagian (kecil) dari INFJ mengembangkan intuisinya lebih jauh, yaitu kemasa depan. Mereka menjadi peramal-peramal ulung atau paranormal. Mereka biasanya memiliki firasat tentang apa yang akan terjadi dimasa depan atau apa yang tengah terjadi pada teman-teman dekatnya/keluarganya walaupun mereka tinggal berjauhan. Seorang INFJ biasanya akan merasa lega jika mengetahui bakat ini adalah hal yang tidak aneh untuk tipe mereka.

INFJ biasanya tidak mampu untuk berbagi perasaan/menjelaskan apa yang terjadi didalam pikiran/hatinya kepada orang lain. Seringkali mereka tidak mampu karena memang perasaan dan pikiran mereka begitu abstrak. Sehingga sulit untuk dijabarkan secara nyata untuk dapat dimengerti orang lain. Berbagi rasa dan terbuka membuat mereka merasa terancam dan tidak nyaman. Mereka akan merasa menjadi korban dari kesinisan dunia luar yang tidak siap untuk mereka hadapi. Yang mereka tahu hanyalah firasat mereka penting bagi mereka dan mereka amat mempercayainya.

Mungkin karena mereka terlalu banyak memiliki intuisi-intuisi dan tidak mampu untuk dijelaskan kepada orang lain membuat INFJ menjadi sangat sulit dimengerti.

INFJ seringkali terjebak dalam kepercayaan yang berlebihan (absolut) pada intuisi mereka. Seperti contoh : seringkali mereka merasa tau lebih banyak dari orang lain katakan. Tanpa membiarkan orang tersebut menyelelesaikan perkataannya, mereka akan menginterupsi terlebih dahulu. kadang-kadang asumsi mereka benar tapi kadang-kadang tidak. Karenanya mereka sering menanggapi / mengomentari hal-hal yang sebetulnya lawan bicara mereka tidak ingin bahas. Namun pada praktek kesehariannya, karena kesensitifannya terhadap perasaan orang lain, INFJ akan sering membiarkan orang lain menyelesaikan pembicaraannya, walaupun terlalu panjang.

INFJ adalah orang-orang yang lemah lembut yang tidak menyukai konflik. Pada saat mereka harus bersifat tegas merekapun akan melakukan itu dengan cara yang penuh pertimbangan dan baik-baik. jika memang tidak ada cara lain, INFJ masih bisa menegur langsung kesalahan orang lain. Mereka lebih suka memikirkan segala situasi dengan berhati-hati. Sendirian, mereka akan berlatih tentang apa yang harus dikatakan dan bagaimana cara mengatasi kegugupan mereka, baru kemudian mempraktekkannya. Pada saat itu, biasanya INFJ selalu mencoba menahan diri, jarang terlihat mereka berteriak / membentak dengan amarah yang meluap walau itu yang tengah dirasakan. Konfrontasi bukanlah bumbu kehidupan mereka.

Seperi halnya introvert-introvert lainnya, INFJ mengalami pertentangan / friksi antara keinginan-keinginan dunia luar dan keinginan dari dalam dirinya sendiri. Pada saat berurusan dengan dunia luar, INFJ menginginkan segalanya terorganisir dan teratur. Mereka akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat prioritas-prioritas dalam rencana-rencananya. Dipihak lain, didalam kehidupan pribadi mereka menginginkan spontanitas dan fleksibilitas. Mereka akan menghindari segala sesuatu yang mengikat mereka pada komitmen. Bisa dipastikan INFJ adalah orang-orang yang rapih dan teratur dapat terlihat pada sisi-sisi kehidupannya. Contoh meja belajar/kerjanya.

INFJ sebetulnya mampu membuat keputusan-keputusan yang berdasarkan logika dan tidak bersifat pribadi. Sebagian dari mereka mendalami sciences dan matematika. Walaupun begitu kunci kesuksesan mereka sebetulnya bukan pada kekuatan logika, namun pada kekuatan intuisinya dalam melihat kemungkinan-kemungkinan yang kemudian mereka gunakan sebagai titik tolak observasinya.

INFJ biasanya sangat senang menintrospeksi diri. Dimanapun mereka berada, mereka selalu ragu apakah mereka berada ditempat yang benar. Haruskan mereka melakukan hal lain ? Apakah merekah tengah belajar sesuatu dan berkembang ? INFJ juga merasa bahwa bakat yang mereka miliki sebaiknya diguankan untuk kebaikan orang banyak. Mereka bisa terjebak antara rasa percaya diri yang berlebihan dan keragu-raguan. Banyak para INFJ yang tidak bisa menemukan jalan tengahnya. Karena INFJ adalah orang orang yang sangat tertutup, sulit bagi orang lain untuk menhargai perjuangan dan sepak terjang INFJ dalam hidup mereka. Yang orang lihat hanyalah bagaimana INFJ itu bekerja dengan penuh keanggunan dan kelembutan.

Kelemahan INFJ ada pada hal-hal praktis, nyata, realistis. Mereka dapat menjadi berlebihan jika harus bekerja pada hal-hal yang membutuhkan detail keteraturan, kenyataan. dipihak lain, INFJ akan menghindari kenyataan selama mungkin. Lalu, jika hal itu tidak dapat dihindari lagi, mereka akan menghadapainya dengan emosi yang meledak-ledak. Pada bentuk ekstrim yang lain, INFJ justru dapat menjadi terobsesi dengan detail. Merka menjadi orang-orang yang sangat teliti dan teratur.

Yang biasa dilakukan pada situasi ini, adalah mereka akan sangat peduli pada fakta dalam bentuk apapun. Mereka sangat menuntut orang lain untuk menjadi detail dan menjadi sangat kritis bagi orang-orang yang tidak dapat memuaskan pertanyaan-pertanyaan mereka.

pada saat mereka merasa kurang beruntung, tidak didukung, INFJ akan menjadi sangat kecil hati dan membesar-besarkan fakta buruk diri mereka. pada waktu itu mereka mungkin akan bercerita pada orang terdekatnya, tetapi adalah gaya bicara mereka ini menunjukkan mereka memperlakukan diri mereka dengan tidak adil saat itu.

Dari semua tipe, INFJ adalah golongan terkecil dalam populasi manusia. Karena personalitasnya yang kompleks, terutam bakatnya yang tidak lazim dalam hal-hal yang abstrak dan intutif membuat INFJ sering merasa sepi/sendiri dalam menjalani hidup mereka. Mereka mungkin terlalu khawatir akan diri mereka dan bagaimana kehidupan mereka sesungguhnya. mereka harus leih sering keluar dari cara-cara yang biasanya mereka lakukan (lebih pada dunia nyata) untuk bisa merasakan kekuatan yang mereka miliki.

INFJs are often happy with the following jobs which tend to match well with the Confidant/Visionary personality.

* Actor
* Artist
* Alternative Medicine
* Computer Programmer
* Consultant
* Clergy
* Computer Specialist
* Church Worker
* Chiropractor
* Child Care Worker
* Child Development
* Doctor
* Dentist
* Designer
* Entrepreneur
* Educational Consultant
* Human Resources
* Librarian
* Lawyer/Attorney
* Musician
* Missionary
* Marketer
* Psychologist/Counselor
* Psychiatrist
* Photographer
* Systems Analyst
* Social Worker
* Scientist
* Sales Representative
* Trainer
* Teacher/Professor
* Writer
Sedangkan untuk Idealis Penyelaras adalah

Tipe Idealis Penyelaras
Dikenali dari kepribadiannya yang kompleks dan memiliki begitu banyak pemikiran dan perasaan. Mereka tipe orang yang pada dasarnya bersifat hangat dan penuh pengertian. Tipe idealis penyelaras berharap banyak pada diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang sifat-sifat manusia dan seringnya menilai karakter dengan sangat baik. Namun, mereka lebih sering menyimpan perasaan dan mencurahkan pemikiran serta perasaan mereka kepada sedikit orang yg mereka percaya. Mereka sangat terluka jika ditolak atau dikritik. Tipe idealis penyelaras menganggap konflik sebagai situasi yang tidak menyenangkan dan lebih menyukai hubungan yang harmonis. Namun demikian, jika pencapaian sebuah target tertentu sangat penting bagi mereka, mereka dapat dengan berani mengerahkan seluruh tekad mereka hingga cenderung keras kepala.
Tipe idealis penyelaras memiliki fantasi yang hidup , intuisi yang nyaris seperti mampu membaca masa depan dan sering sekali sangat kreatif. Begitu berkutat dengan proyek, mereka melakukan segala daya upaya untuk mencapai tujuan-tujuan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sering membuktikan diri sebagai pemecah masalah ulung. Mereka suka mendalami hingga ke akar permasalahan dan memiliki sifat alamiah ingin tahu dan haus akan pengetahuan. Pada saat bersamaan mereka berorientasi praktis, teorganisir dengan baik dan siap menangani situasi-situasi rumit secara terstruktur dan pertimbangan matang. Ketika mereka berkonsentrasi pada sesuatu, mereka melakukannya dengan 100%, mereka sering terbenam dalam sebuah pekerjaan sehingga melupakan hal lain disekitar mereka. Itulah rahasia kesuksesan profesional mereka yang sering kali gilang gemilang.

Sebagai pasangan, tipe ini setia dan dapat diandalkan, hubungan permanen sangat penting bagi mereka. Mereka jarang jatuh cinta hingga mabuk kepayang dan juga tidak menyukai asmara hubungan singkat2. Kadang-kadang mereka sulit menunjukkan rasa sayang mereka dengan jelas, sekalipun perasaan mereka dalam dan tulus. Dalam hal lingkaran pertemanan , semboyan mereka adalah "sedikit berarti lebih banyak!". Sejauh menyangkut kenalan baru, mereka hanya dapat didekati dengan jarak tertentu, mereka lebih suka mencurahkan tenaga ke dalam pertemanan akrab yang jumlahnya sedikit. Tuntutan mereka kepada teman dan pasangan mereka sangat tinggi.
Karena mereka tidak menyukai konflik, mereka akan diam sejenak sebelum menyuarakan masalah-masalah yg tdk memuaskan dan ketika melakukannya, mereka berusaha keras untuk tidak menyakiti siapapun karenanya.

Sifat-sifat yang menggambarkan tipe ini :
introvert, teoritis, emosional, penuh perencanaan, idealis, mencari keharmonisan, pengertian, mencintai kedamaian, peka, tidak banyak bicara, simpatik, mengikuti kata hati, penuh tekad, rumit, tidak mudah terbaca, ramah, kompleks, imajinatif, memberi inspirasi, suka menolong, menuntut, komunikatif, tertutup, mudah tersinggung.

Dan ternyata ada beberapa pekerjaan yang cocok yang sesuai dengan minat saya. ya lumayanlah sebagai gambaran untuk mengembangkan diri.. :)

sumber : http://ipersonic.com/id/test , http://personality100.com

1 komentar:

Posting Komentar
  1. Hi, we are alien :D greets
    planetinfj.wordpress.com

Posting Komentar