Rabu, 26 Agustus 2009

Mengenang Masa-Masa SMA

Banyak orang bilang bahwa masa paling indah adalah masa-masa di sekolah. Yup, emang bener banget tuh. Apalagi masa-masa di SMA dan khususnya kelas 2 SMA. Wuih masa nakal-nakalnya dan indah-indahnya.

Waktu aku kelas 2 SMA, banyak kisah suka dan duka. Saat itu aku terdampar di kelas XI IIA 3. Kelas yang penuh dengan racun karena bersebelahan dengan WC cowok. Wali kelasnya gokil abiz! Metal! Narsis!, beliau adalah guru biologi. Si ibu guru ini orang Sumatera, kalau ngomong lucu logatnya. Sementara muridnya amburadul semua, tapi banyak artisnya lho. Ada trio macan (gesi, erlifa, tanti), ada pasha ungu (andries), ada aa jimy (yudha), ada genk suketi+c linggis (tak usah disebut demi kebaikan), Uut permatasari (nur), dan masih banyak yang berobesesi jadi artis idola masing-masing. Dan kami juga punya gitaris handal, namanya Budiman (almarhum). Permainan melodinya ajib lho.

Awal masuk kelas 2, kelasku sudah terkena kasus gara-gara anak-anak cowok ketahuan main kartu di kelas. Mereka terkena SP1 dan kelas kami jadi ikutan tercoreng. Dan kasus yang paling sering menimpa adalah razia rambut+pakaian. Biasanya anak cowok langganan di razia rambut dan celananya. Kalau cewek baju dan roknya. Tapi tetep dah ga pada kapok. Baju yang terkena razia (dicoret spidol) kadang tetep dipake, padahal ada aturan yang mewajibkan baju yang terkena razia harus diberikan ke guru BK. Yang cowokpun sama, tetap dengan rambut model berponi dan celana yang mengecil ke bawah.

Dikelas 2 ini paling asyik kalau pelajaran Bhs.Inggris. Ibu gurunya gokil pisan, narsis, klop lah kalau dipasangkan dengan wali kelas. Di sela-sela materi biasanya si ibu memberi guyonan-guyonan yang mengocok perut (cocok jadi pelawak mah) sampai kadang-kadang tak terasa waktu berlalu begitu cepatnya. Tapi ga cuma guyonan, walau mengguyon tapi disisipi juga nasehat-nasehat yang meluluhkan hati (cocok juga jadi ustadzah).

Si ibu juga pernah memberi tugas drama bahasa inggris dan nyanyi lagu jadul bahasa inggris. Kelompok nyanyi yang paling bagus adalah kelompoknya almarhum. Mereka nyanyi lagunya Air Suply yang judulnya "You". Melodinya keren. Apik bener maeninnya n sama persis lho! (4 thumbs for them). Kalau kelompokku ancur pisan. Saking ga koneknya waktu nyanyi When You Tell Me That You Love Me nya Diana Ross dan sewaktu nada tinggi aku malah teriak ga jelas. Udah mah aku ga hafal, ditambah otak autis muncul, jadi we rusak. Tapi malah jadi lawak, orang-orang merasa dihibur, si ibupun ketawa sampai keluar air mata. Haduh aya-aya wae.

Ehm, ada lagi guru yang asoy, yaitu guru Kimia. Ni guru eksotik banget, beliau seorang kakek-kakek yang berlogat Jawa Tengah. Si bapak yang satu ini paling hobi memangsa anak-anak yang ada di barisan paling belakang dan di pojok. Waktu itu kelasku buat peraturan tiap minggu rolling tempat duduk ke samping. Jadi mau ga mau siapapun yang ada paling belakang,pasti bakal merasakan duduk di pojok belakang yang merupakan sasaran empuk si bapak. Selain itu si bapak ini hobi mengincar orang-orang yang memakai sesuatu tapi jumlahnya ga banyak. Misal, pakai jilbab, pakai gelang, rambut diikat, pakai bando, pakai jam, pakai kacamata, dan lain-lain. Jadi biasanya orang-orang yang berciri seperti itu bersiap-siap disuruh jawab soal, tapi banyak juga yang mencopot aksesoris sebelum si bapak datang. Dan banyak juga yang kejebak. Pernah ada yang udah mencopot gelangnya, eh ga taunya yang disuruh maju adalah orang yang memakai cincin dan kebetulan dia memakainya. Jadi mau ga mau dia tetap maju mengerjakan soal yang merupakan pekerjaan rumah minggu sebelumnya.

Yang paling membosankan kalau pelajaran PKn. Bu guru logat jawanya medok banget n bikin ngantuk. Biasanya kebanyakan anak-anak males-malesan dan sibuk sendiri. Ada yang maen hp, sekedar corat coret ga penting, dengerin musik, dan banyak yang hampir tertidur. Amat sangat beda dengan guru PKn kelas 3 yang berwajah sangar tapi sumpeh gokil abiz!! Berasa ga pernah belajar, cuma menghafal pasal-pasal dan menteri-menteri, selebihnya 'ngabodor' (ngelawak). Mukanya ga nahan, bukannya serem tapi bikin pengen ketawa. Ampir mirip ama artis Pepi.

Di kelas 2 ini ada juga cerita dukanya. Kami kehilangan sahabat kami Budiman. Orangnya baek banget, pinter, soleh, jago maen gitar,n manis juga. Hehe. Rumahnya juga dekat denganku. Biasanya kalau mau berangkat suka ketemu, dia sering lewat depan rumahku. Kami kehilangan dia untuk selamanya ketika kami baru 2 hari menjadi siswa kelas 3. Hm...Jadi sedih neh kalau inget dia. Huft..

Banyak banget pokoknya suka duka yang ada di kelas XI IIA 3 atau kami menyebutnya "Begundal Galaw Science 3". Dari kasus-kasus yang menimpa, study tour ke Jogja,Baduy, Ciwidey , keseharian di kelas, ngediklat anak kelas 1 di ekskul masing-masing, sampai akhirnya kami dipisahkan lagi sewaktu naik kelas 3. Pokoknya ga bisa disebutin semua saking banyaknya. Jadi kangen banget ama anak-anak BGS 3. Huaah... Pengen reuni euy..

Hm,smoga kapan-kapan aku balik ke Bandung,bisa reunian deh..

Luph u barudak BGS 3!



Thankz to all Begundal Galaw Science 3 crew yang ga cukup kalo disebut satu-satu di blog ini. Hoho. And thankz to wali kelas tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar